KISI-KISI DAN
PENULISAN SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP
SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN
2012/2013
Mata
Pelajaran : Fisika Jumlah soal : 25 butir
PG, 4 Urain
Kelas/Program : X/Umum Alokasi
waktu :
90 menit.
Pokok Bahasan : Alat Optik
Standar Kompetensi : 3.Menerapkan
prinsip kerja alat-alat optik
No
|
Kompetensi
yang diujikan
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
soal
|
No.
soal
|
3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
|
Alat optik
·
Fungsi
dan bagian alat optk seperti mata, kacamata, kamera, mikroskop, dan teropong
·
Prinsip
pembentukan bayangan pada alat optik
|
1. Menentukan letak bayangan pada mata hipermetropi
2. Menentukan lensa untuk membantu penderita astigmatisma
3. Diketahui titik jauh mata seorang miopi, siswa dapat
menghitung kuat lensa kacamata dan fokus yang cocok untuk orang tersebut
4. Diketahui titik dekat mata seorang hipermeteropi, siswa
dapat menghitung kuat lensa kacamata yang diperlukan orang tersebut
5. Mengidentifikasi kesamaan fungsi bagian mata dengan
kamera
6. Disajikan jarak fokus lup, siswa dapat menentukan perbesaran
lup untuk mata berakomodasi maksimum
7. Menyebutkan bayangan akhir yang dibentuk mikroskop
8. Menyebutkan letak benda yang diamati dengan mikroskop
jika disebutkan fokus objektif = f
9. Disajikan fokus objektif mikroskop, siswa dapat menyimpulkan/memilih
jarak benda di depan lensa objektif
10. Disajikan fokus objektif, fokus okuler, dan panjang mikroskop
(jarak antara fokus objektif dan okuler), siswa dapat menentukan perbesaran
total mikroskop untuk mata tidak berakomodasi
|
PG
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
|
3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam
kehidupan sehari-hari
|
Alat optik
·
Prinsip
kerja teropong bumi, dan teropong bintang
|
11. Diketahui perbesaran dan fokus objektif teropong
panggung, siswa dapat menghitung fokus okulernya
12. Diketahui perbesaran dan fokus objektif teropong bintang,
siswa dapat menentukan panjang teropong bintang
13. Siswa dapat menyebutkan jumlah dan jenis lensa pada
teropong bumi
14. Siswa dapat menentukan rumus panjang teropong bumi
|
PG
|
11
12
13
14
|
Pokok Bahasan : Suhu dan Kalor
Standar
Kompetensi: 4. Menerapkan konsep
kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi.
No
|
Kompetensi
yang diujikan
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
soal
|
No.
soal
|
4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu
zat.
|
Suhu,
Kalor, dan Perubahan Wujud
|
15. Disajikan suhu dalam Fahrenheit Siswa dapat
mengkonversi ke dalam skala Celcius
16. Disajikan suhu dalam Celcius Siswa dapat mengkonversi
ke dalam skala Reamur
17. Siswa dapat menyebutkan satuan kalor dalam sistem SI
18. Siswa dapat menyimpulkan pengaruh suatu bahan yang
memiliki kalor jenis kecil jika dipanaskan
19. Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi banyaknya kalor yang diserap suatu benda
20. Disajikan massa, kalor jenis, suhu awal dan akhir suatu
zat cair siswa dapat menghitung besar kalor yang diperlukan
21. Disajikan besar kalor, kalor jenis dan kenaikan suhu,
siswa dapat menentukan massa air yang dipanaskan
22. Siswa dapat menyimpulkan kelebihan raksa sebagai
pengisi termometer
23. Disajikan massa dan suhu air dingin yang dicampur
dengan massa dan suhu air panas, siswa dapat menentukan suhu campurannya
24. Diberikan data titik tetap atas dan titik tetap bawah
termometer Celcius dan termoter X, siswa dapat menentukan skala termometer X
jika diketahui skala termometer Celcius
25. Siswa dapat menentukan formulasi hubungan antara koefesien muai panjang (a), koefesien muai luas (b), dan
koefesien muai volume (g)
|
PG
|
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
|
|
No
|
Kompetensi
yang diujikan
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
soal
|
No.
soal
|
3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam
kehidupan sehari-hari
4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu
zat.
|
Mikroskop
Asas Black
Perub.wujud es
Pemuaian panjang
|
1.
Disajikan
fokus objektif, fokus okuler, dan jarak benda di bawah lensa objektif, siswa dapat
menentukan perbesaran total mikroskop untuk mata berakomodasi maksimum
2.
Disajikan
massa dan es bersuhu 0 0C dicampur dengan air yang diketahui massa
dan suhunya, siswa dapat menentukan suhu campurannya
3.
Disajikan
massa es, kalor jenis es dan air, kalor uap, suhu awal dan akhir, siswa dapat menghitung besar kalor total
yang diperlukan untuk merubah wujud es
4.
Disajikan
panjang awal batang besi, koefesien muai panjang besi, suhu awal dan akhir ,
siswa dapat menghitung pertambahan panjang dan panjang akhir batang besi
|
URAIAN
URAIAN
URAIAN
URAIAN
|
1
2
3
4
|
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP. 196211051985011002 NIP. 197503012008011010